Promo
Tahunan
×
Home » , » Diduga Diracun, Seekor Gajah Betina Mati di Aceh Barat

Diduga Diracun, Seekor Gajah Betina Mati di Aceh Barat

KASKUS - Seekor gajah betina yang diperkirakan berusia 10 tahun ditemukan mati di Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Saat ditemukan, kondisi hewan bertubuh besar ini sudah mulai membusuk.

"Dugaan sementara kita karena racun. Saya tidak bilang diracun karena belum ada tersangkanya," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Genman Suhefti Hasibuan, saat dihubungi detikcom, Jumat (27/11/2015).

Gajah tersebut ditemukan mati di areal perkebunan campuran warga. Pihak BKSDA mendapatkan informasi adanya gajah mati ini pada Selasa (24/11) malam. Berdasarkan hasil autopsi, hewan yang dikenal dengan sebutan 'Po meurah' tersebut diduga sudah mati lima hari lalu.

Setelah mendapatkan informasi, BKSDA langsung menurunkan tim untuk melakukan autopsi. Pada tubuh gajah ditemukan beberapa luka lecet. Menurut Genman, luka itu diperkirakan akibat jatuh setelah gajah keracunan.

"Mungkin setelah makan racun, badannya lemas dan terjatuh. Kita menemukan ada luka lecet," ungkap Genman.

Lokasi penemuan bangkai gajah ini terletak dikawasan yang biasa dilaluinya. Menurut Genman, di sana dulunya memang merupakan daerah habitat gajah yang kini sudah berubah fungsi.

Hingga November 2015, sudah sembilan gajah ditemukan mati di Aceh dengan delapan kasus. Tahun lalu, kematian gajah di provinsi paling barat ujung Indonesia mencapai 10 ekor.  

"Bulan Oktober dan November paling banyak kasus kematian gajah," jelas Genman.(Detik)
Share this Artikel :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Kaskus Aceh | Kaskusaceh | Kaskus Aceh
Copyright © 2013. kaskusaceh-Lingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Informasi Lingkunga Published by Kaskusaceh
Proudly powered by Blogger